Minggu, 08 April 2012

Masalah Bisa Menyebabkan Stress

Masalah Bisa Menyebabkan Stress

Semua orang yang hidup pasti pernah menghadapi masalah yang cukup sulit untuk di selesaikan dan bila individu yang tidak kuat untuk mengahadapi masalah bisa mengalami stress.
Seperti saya yang pernah mengalami stress pasca Ujian Nasional, saya tahu pasti bukan hanya saya saja yang melewati masa ini, tapi karena kondisi badan yang tidak fit dan putus asa karena tidak pernah lulus dalam ujian try out membuat saya berkecil hati dalam mengahadapi Ujian Nasional.
Dalam teori Stress disebutkan bahwa “Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang (Handoko, 1997:200). Stres yang terlalu besar dapatmengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya. Sebagaihasilnya, pada diri para karyawan berkembang berbagai macam gejala stress yangdapat mengganggu pelaksanaan kerja mereka. Stres dapat juga membantu ataufungsional, tetapi juga dapat berperan salah atau merusak prestasi kerja”.
Dari teori itu jelas dapat di ketahui bahwa stress pasca Ujian Nasional membuat saya menjadi down untuk menghadapi Ujian Nasional tersebut. Karena hal itu saya menjadi sedikit tertutup dan lebih memilih diam di rumah dan malas untuk belajar lebih giat lagi,karna berfikir “untuk apa belajar ? toh, tidak akan ada hasilnya ?” saya juga menarik diri dari lingkungan bermain saya, yang biasanya pulang sekolah saya menyempatkan diri untuk bermain atu hanya sekedar mengobrol untuk menghilangkan jenuh karena separuh hari belajar di dalam kelas. Tapi karena hal ini, mengubah pola kehidupan saya.
Untungnya hal ini tidak berlangsung lama, sikap saya yang seperti itu akhirnya membuat orang tua, teman-teman dan khususnya guru-guru saya memberikan semangat yang akihrnya dapat mengubah pola pikir saya agar berfikir ke depan dan tidak lagi terpuruk karena keadaan yang sebenarnya akan membuat masa depan saya benar-benar terpuruk.
Dari kejadian ini saya menyimpulkan , sebenarnya saat kita mengalami masalah yang benar-benar sulit untuk di hadapi kita tidak seharusnya terus-terusan menyalahkan diri, mengurung diri bahkan sampai menarik diri dari orang-orang terdekat kita ,karena itu bisa membuat kita semakin jatuh dan terpuruk.
Sebenarnya bila kita menghadapi masalah dengan kepala dingin, dan ingat bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, masalah yang kita hadapi mungkin bisa menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih kuat, karena ada pengalaman dan pembelajaran di balik itu semua.
Maka, dari itu saya berharap muda mudi jaman sekarang tidak mudah menyerah dalammenghadapi masalah di dalam hidup sehari-hari karena saya yakin semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar