Selasa, 26 Oktober 2010

kesusastraan dan kebudayaan


IBD awalnya dinamakan Basic Humanities yang berasal dari bahasa Inggris “the humanities”, dan dari bahasa latin “Humanus” yang berarti manusiawi, berbudaya, dan halus. Jadi, the humanities berkaitan dengan masalah nilai, yaitu nilai sebagai homo humanus.
Untuk menjadi homo humanus, manusia harus mempelajari ilmu the humanities, disamping tanggung jawabnya yang lain. Sastra yang penting dalam the humanities, merupakan nilai kemanusiaan yang normatif, dan bukannya formulasi nilai-nilai kemanusiaan.Dan ini lebih mudah berkomunikasi, dan lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya.
Sastra mempunyai peranan yang lebih penting, dalam penggunaan bahasa. Sementara itu, bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pernyataan kegiatan manusia, dengan demikian, manusia dan bahasa pada hakekatnya adalah satu. Sastra juga didukung oleh cerita. Dengan ceritaorang lebih mudah tertarik dan lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya dalam bentuk yang tidak normatif.
Alasan pertama, karena sastra mempergunakan bahasa. Sementara itu, bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pemyataan kegiatan manusia. Dalam usahanya untuk memahami dirinya sendiri, yang kemudian melahirkan filsafat, manusia mempergunakan bahasa. Dalam usahanya untuk memahami alam semesta, yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan, manusia mempergunakan bahasa. Dalam usahanya untuk mengatur hubungan antara sesamanya yang kemudian melahirkan ilmu-ilmu sosial, manusia mempergunakan bahasa. Dengan demikian, manusia dan bahasa pada haketnya adalah satu. Kenyataan inilah mempermudah sastra untuk berkomunikasi.

Hubungan sastra, seni dan budaya sangat berkaitan erat satu sama lain, karna ini mencakup semua hal yan terdapat dalam kebudayaan kita. Mengapa kebudayaan di kaitkan dengan kesusastraan? Karna pada dasarnya sastra adalah satu komponen dalam kebudayaan kita, yang menunjukkan identitas kebudayaan kita dalam berbudaya.
Maka dari itu, hubungan kesusastraan dengan kebudayaan erat hubungannya dalam menerapkan ilmu budaya dasar, dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya artikel ini semua yang membaca akan lebih paham dengan hubungan kebudayaan dan kesusastaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar