Jumat, 22 Oktober 2010

manusia dan cinta kasih


Manusia dan Cinta Kasih

Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada 'jiwa' atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dll. Cinta kasih yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keindahannya.

Cinta adalah suatu kata yang banyak di ungkapkan saat mereka sedang merasakan hal bahagia dalam hidupnya khususnya untuk orang yang berarti dalam hidupnya.

Cinta adalah satu kata yang  mudah untuk diucapkan. Tapi tahu kah apa arti dari cinta tersebut, cinta bisa membuat kita tersnyum, sedih, sakit, bahkan ada yang bisa depresi karna cinta, depresi karna cinta karna ada segelintir orang kurang memahami apa arti dalam mencintai seseorang yang ia inginkan.

Kata Cinta mempunyai makna yang amat banyak, karna semua insan mempunyai tanggapan tersendiri tentang arti cinta. Dan setiap insan juga punya cara sendiri untuk mencintai.
Apa arti cinta itu sebenarnya? Cinta adalah sebuah ungkapan rasa sayang dan simpati kita kepada seseorang. Cinta dapat kita tujukan terhadap sang pencipta, Cinta terhadap teman-teman, atau philia , Cinta yang romantis atau juga disebut asmara , Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros , Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape , Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisme , Cinta akan sebuah konsep tertentu , Cinta akan negaranya atau patriotisme , Cinta akan bangsa atau nasionalisme
 intinya cinta mencakup untuk semua apa yang kita sayangi di bumi/lingkungan hidup kita.
            Cinta adalah sebuah kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Cinta juga seharusnya dapat di seimbangkan dengan tanggung jawab, menghargai, saling percaya, dan masih banyak lagi.

·         Afeksi: menghargai orang lain
·         Ikatan: memuaskan kebutuhan emosi dasar
·         Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain
·         Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan
·         Commitment: keinginan untuk mengabadikan cinta
·         Keintiman emosional: berbagia emosi dan rasa
·         Kinship: ikatan keluarga
·         Passion: nafsu seksual
·         Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain
·         Self-interest: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi
·         Service: keinginan untuk membantu

Energi passion dapat menjadi unsur paling penting dalam menentukan bentuk hubungan. Namun atraksi seksual sering menimbulkan ikatan batin yang lebih kuat, tapi ini tidak boleh di lakukan dalam beberapa hal dalam cinta.. Banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa seks. Afeksi, keintiman emosi dan hobby yang sama sangat biasa dalam berteman dan saudara kepada sesame manusia.

Banyak hal yang kita lakukan dalam mencintai seseorang, bisa dengan melindunginya, menyayanginya dengan kasih yang tulus, jadi tidak hanya sekedar untuk memiliki seutuhnya, namun saling mengerti dan memahami.

Jadi manusia dan cinta kasih tidak dapat di pisahkan apalagi tuhan menciptakan umatnya dengan memberikan cinta dalam kehidupannya, karna dengan cinta kehidupan akan lebih indah.
Nah, sekarang tinggal kita sebagai manusia sepintar mungkin untuk mengatur semuanya dalam mencintai dan dicintai.

Semoga artikel saya ini dapat membuat teman-teman yang membaca lebih mengerti hubungan manusia dengan cinta kasih yang sebenarnya.





 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar